Kamis, 05 April 2018

Cari tahu tentang cacing dalam sarden yuk!


Si Cacing yang mengandung protein, berbahaya gak sih?



Anisakis merupakan cacing yang dapat ditemukan pada mackerel atau ikan yang diolah untuk dijadikan makanan kaleng. Tidak hanya mackerel, anisakis juga dapat ditemui pada ikan salmon dan cumi. Anisakiasis atau herring worm penyakit yang disebabkan oleh parasit nematoda (cacing) yang dapat masuk ke dalam dinding esofagus, lambung atau usus. Cara pencegahan terbaik untuk mencegah penyakit ini dengan menghindari makan makanan mentah atau setengah matang pada ikan atau cumi.


Setahu saya, itukan gak dimakan mentah, kita kan, goreng lagi atau dimasak lagi, ya cacingnya mati lah. Cacing itu sebenernya isinya protein. Sebagai contoh aja, kalau kita masak kan sebenernya jadi steril. Sterilitas itu yang penting.

 Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek

 Apakah cacing anisakis mengandung protein?

Ya. Berdasarkan penelitian dalam jurnal Food Analytical Methods Cacing Anisakis simplex mengandung protein. Namun, protein yang terkandung dalam cacing ini dapat menimbulkan beberapa reaksi alergi.

Cacing anisakis sp. yang ditemukan pada mackerel


Bagaimana seseorang dapat terinfeksi?

Berdasarkan Center for Disease Control and Prevention atau CDC, manusia dapat terinfeksi ketika memakan ikan atau cumi yang mentah atau setengah matang, kemudian menelan larva nematoda. Apabila larva tersebut berada di tubuh manusia, larva dapat menyerang saluran pencernaan. Pada akhirnya parasit mati dan memproduksi jaringan inflamasi pada esofagus, lambung atau usus.
Beberapa orang akan merasakan sensasi geli setelah atau sesaat memakan ikan atau cumi mentah, hal ini disebabkan karena pergerakan cacing di mulut atau tenggorokan. Orang ini dapat mengeluarkan cacing secara manual dari mulut atau dengan membatukkan cacing dan mencegah infeksi. Selain itu juga beberapa orang mengalami muntah sebagai gejala dan hal ini dapat mengeluarkan cacing dari tubuh.



Siklus Hidup Anisakis sp. Sumber: CDC



Bagaimana diagnosis anisakiasis dapat ditegakan?

Riwayat memakan ikan atau cumi mentah sangat membantu. Umumnya diagnosis ditegakan melalui endoskopi, radiografi atau pembedahan jika cacing sudah melekat.

Dapatkah Anisakiasis ditularkan dari manusia ke manusia?

Tidak bisa. Anisakiasis tidak dapat ditularkan dari manusia ke manusia.

Apakah tanda dan gejala terinfeksi cacing anisakis?


Tanda dan gejala berupa nyeri perut, mual, muntah, perut kembung, diare, terdapat darah atau lendir di kotoran, dan demam ringan. Dapat juga terjadi reaksi alergi seperti kemerahan, gatal dan yang lebih jarang reaksi anafilaksis.

Bagaimana saya dapat mencegah anisakiasis?

Tidak memakan ikan atau cumi mentah atau setengah matang.

Berikut adalah rekomendasi FDA (Food Drugs Association) dalam mempersiapkan dan menyimpan makanan laut untuk membunuh parasit :


·         Memasak (Seafood secara umum)
Masaklah makanan laut (seafood) dengan baik (dengan suhu minimal sekitar 63°C) selama 10 menit, telah direkomendasikan dapat membunuh larva pada ikan dan mencegah investasi cacing di manusia.
·         Freezing (Ikan)
o   Pada suhu -20°C atau lebih rendah dalam 7 hari, atau
o   Pada suhu -35°C atau lebih rendah sampai beku dan disimpan pada suhu -35°C selama 15 jam
o   Pada suhu suhu -35°C atau lebih rendah sampai beku dan disimpan pada suhu -20°C selama 24 jam

Bagaimana apabila saya mengalami gejala tersebut?

Segera hubungi dokter. Anda mungkin akan mendapatkan pengobatan berupa albendazole 400 mg 2x1 hari selama 6 sampai 21 hari. Namun apabila telah mengalami obstruksi usus, peradangan pada usus buntu, atau peradangan pada selaput pembungkus perut (peritonitis) pembedahan mungkin diperlukan.


Referensi
Center for Disease Control and Prevention. 2012. Parasites-Anisakiasis. Dikutip dari https://www.cdc.gov/parasites/anisakiasis/faqs.html   

Faeste CK dkk. 2014. Detection of Proteins from the Fish Parasite Anisakis simplex in Norwegian Farmed Salmon and Processed Fish Products. Food Anal. Methods 8: 1390. 





Menarik Uang 21 juta dari BPJS? Itu Hoax! Penyebaran hoax atau berita bohong  tidak ada habisnya. Motif penyebaran hoax ...